Kamis, 16 Oktober 2014

ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUTANSI PENJUALAN ALFAMART




A.    PROFILE ALFAMART

Alfamart merupakan perusahaan dagang aneka produk yang didirikan tahun 1989 oleh Djoko Susanto dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikannya dijual kepada PT. HM Sampoerna pada desember 1989. Struktur kepemilikan berubah menjadi 70% PT. HM Sampoerna dan 30% keluarga Djoko Susanto. Alfamart menyediakan berbagai produk kebutuhan sehari-hari.
Djoko menjual kepemilikannya di jaringan Alfa Supermarket kepada Carefour. Selanjutnya dana hasil transaksi itu digunakan Djoko untuk fokus mengelola minimarket Alfamart dan Alfamidi. Di luar dugaan, pertumbuhan Alfamart luar biasa. Saat ini sudah mencapai lebih dari 2.779 gerai, seperti hendak mengimbangi pertumbuhan jumlah gerai Indomaret – pesaing utamanya – yang juga tumbuh pesat. Sejak dirintis 1988, kini jaringan Indomaret mencapai 3.134 gerai.

B.     ANALISIS SISTEM PENJUALAN ALFAMART
Metode analisa yang akan dipakai pada Alfamart adalah Analisis SWOT (internal, eksternal serta penggabungan keduanya)

A.    Strength (Kekuatan)
Alfamart telah mengembangkan franchise yang mempunyai tujuan menjadi assets nasional dalam bentuk jaringan ritail waralaba yang unggul dalam persaingan nasional.  Alfamartbertekadmeningkatkan porsi waralabanya dari 23 % menjadi30 %,sehingga memberpeluang lebih besar pada investor untukmembesarkan Alfamart hingga ke pelosok.Franchise fee yang ditawarkan ralatif tinggi. Franchise fee yang ditawarkan Alfamart yaitu 45 juta rupiah per 5 tahun,sedangkan Indomaret 75 juta rupiah per 5 tahun.    Penempatan lokasi pabrik dan head office di beberapa wilayah yang sudah cukup strategis Tingkat upah karyawan yang relatif rendah berkisar  600 ribu rupiahperbulan. Sehingga mampu menekan biaya operasional  serendah mungkin. Break Event Points yang ditawarkan Alfamart antara 3-4 tahun,sedangkan Indomaret 4 tahun. Alfamart mampu menjual barang eceran dengan harga  lebuh murah,  Pada saat ini promonya pada tangal 1 januari 2012 sampai 15 januari 2012. Seperti promo air mineral botol 600 ml, 1 harganya 1.200 dan kalo beli 1.500 ml harganya 2.100. dan ada juga promo mingguan yaitu tiap hari  jum’at, sabtu dan minggu. Khusus member AKU dan promo ini tidak berlaku di wilayah Cirebon, cilacap, lampung dan makasar. Pada edisi ini bagi pemegang kartu AKU mendapat keuntungan yaitu:  seprti beli 1 Pc NIVEA Lip Care Straw Kiss SPF 10 dengan harga 24.700 namun jika pakai kartu AKU menjadi 16.600. dan ada juga kalender belanja dua minggu. Alfamart juga memberi kemudahan dalam beberapa transaksi seperti pembelian pulsa, pembayaran rekening listrik, pembayaran kredit melalui WOM Finance dan FIF dan kemudahan-kemudahan lainnya yang bisa kita dapatkan ketika berkunjung ke Alfamart.

B.    Weaknesses (Kelemahan)
Investasi franchise Alfamart yang ditawarkan kurang kompetitif,bila dibandingkan dengan Indomaret. Alfamart berkisar antara 300 juta sampai dengan 350 juta,sedangkan Alfamart berkisar  antara 300 juta sampai 400 juta. Berbagai daerah kurang mengenal Alfamart,karena kurangnya promo

C.     Oportunities (Peluang)
Alfamart adalah sebuah perusahaan ritel yang sudah berdiri sejak 1989 dimulai dengan bisnis distribusi dan pada tahun 1999 memasuki indutri ritel dengan memberi nama Alfamart. Ketatnya persaingan di industri retail modern membuat Alfamart harus membuat suatu konsep bisnis untuk dapat bersaing dengan ritel besar dari luar. Salah satunya Alfamart menawarkan konsep bisnis waralaba, dengan segmen pasar yang dekat dengan masyarakat yang aman, nyaman dan mudah diakses.Dengan konsep inilah Alfamart bisa mempunyai 2 juta pelanggan setiap hari dar 5.700 toko yang tersebar di seluruh Indonesia.  Dan masyarakat pun sudah akrab dengan minimarket ini sebagai solusi mereka untuk belanja kebutuhan sehari-hari, karena lokasi Alfamart sangat dekat dengan masyarakat.Alfamart terus beinovasi untuk mengembangkan bisnis ritelnya dengan memberikan promo setiap dua minggu sekali kepada membernya dengan promo khusus untuk member-membernya baik untuk berbelanja di Alfamart maupun di merchant-merchant yang banyak bekerja sama dengan Alfamart untuk memberikan potongan harga atau harga spesial. Dan salah satunya adalah  Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia. Dengan promo yang terus diberikan kepada pelanggan, para member pun akan selalu dimanjakan dengan promo-promo tersebut, dengan harga-harga yang terjangkau bagi masyarakat. 
“Peluang untuk mendirikan Alfamart di berbagai wilayah sangat menguntungkan. Apalagi dengan daya beli masyarakat yang cukup baik. Bukan hanya harga yang lebih murah yang menjadi tujuan utama kita. Tapi pelayanan dan kenyamanan,” ujarnya.

D.    Weaknesses (Kelemahan)
Investasi franchise Alfamart yang ditawarkan kurang kompetitif,bila dibandingkan dengan Indomaret. Alfamart berkisar antara 300 juta sampai dengan 350 juta,sedangkan Alfamart berkisar  antara 300 juta sampai 400 juta. Berbagai daerah kurang mengenal Alfamart,karena kurangnya promo

E.    Oportunities (Peluang)
Alfamart adalah sebuah perusahaan ritel yang sudah berdiri sejak 1989 dimulai dengan bisnis distribusi dan pada tahun 1999 memasuki indutri ritel dengan memberi nama Alfamart. Ketatnya persaingan di industri retail modern membuat Alfamart harus membuat suatu konsep bisnis untuk dapat bersaing dengan ritel besar dari luar. Salah satunya Alfamart menawarkan konsep bisnis waralaba, dengan segmen pasar yang dekat dengan masyarakat yang aman, nyaman dan mudah diakses.Dengan konsep inilah Alfamart bisa mempunyai 2 juta pelanggan setiap hari dar 5.700 toko yang tersebar di seluruh Indonesia.  Dan masyarakat pun sudah akrab dengan minimarket ini sebagai solusi mereka untuk belanja kebutuhan sehari-hari, karena lokasi Alfamart sangat dekat dengan masyarakat.Alfamart terus beinovasi untuk mengembangkan bisnis ritelnya dengan memberikan promo setiap dua minggu sekali kepada membernya dengan promo khusus untuk member-membernya baik untuk berbelanja di Alfamart maupun di merchant-merchant yang banyak bekerja sama dengan Alfamart untuk memberikan potongan harga atau harga spesial. Dan salah satunya adalah  Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia. Dengan promo yang terus diberikan kepada pelanggan, para member pun akan selalu dimanjakan dengan promo-promo tersebut, dengan harga-harga yang terjangkau bagi masyarakat. 
“Peluang untuk mendirikan Alfamart di berbagai wilayah sangat menguntungkan. Apalagi dengan daya beli masyarakat yang cukup baik. Bukan hanya harga yang lebih murah yang menjadi tujuan utama kita. Tapi pelayanan dan kenyamanan,” ujarnya.

Di Alfamart, tambahnya, mengutamakan pelayanan dan kepuasan pelanggan menjadi target utama yang harus dicapai. Karena itulah manajemen standar mutu termasuk desain ruangan yang rapi, bersih dan aman menjadi paket utama mereka untuk ditawarkan kepada masyarakat sebagai konsumen dan pelaku usaha sebagai mitra bisnis. (ers/tribun-medan.com)
Adanya pangsa pasar yang cukup menjanjikan, dimana  di Indonesia bisnis waralaba dalam 1-2 tahun semakin tubuh subur12,5 %. Mempunyai kesempatan untuk memperluas jaringan secara lebih cepat dengan menggunakan modal seminimal mungkin.

F.     Threats (Ancaman)
Adapun Indomaret sebagai pesaing Alfamart mengaku hendak meningkatkan inovasi produknya. Salah satunya kini dikembangkan adalah meluncurkan kartu multifungsi. Smart card ini tidak hanya berfungsi untuk belanja,tapi juga untuk membayar tagihan telepon, listrik,cicilan motor dan mobil. Sekadar mengingatkan, saatini jaringanIndomaret yangmenggunakan system waralababerjumlah1.300 gerai. Dengan nilai investasi Rp. 250-300 Jutapergerai, Laurenmenilai, bisniswaralaba ini tidak main-main.Investor dan manajemen IPsendiri mengakuserius mengelolanya,sehingga tingkat kegagalansebagaimana diklaimLauren 5%. Selain itu   Terdapat perusahaan franchise yang sejenis dengan harga jual franchise yang hampir sama. Seperti: investasi untuk Alfamartsebasar 300-400 juta. Investasi Indomaret berkisar 300-350 juta.  Adanya kemungkinan beberapa gerai milik franchise yang dapat menurunkan reputasi nama franchise akibat kegagalannya memenuhi baku standar tertentu yang kemudian melakukan komplain.Adanya tindakan peniruan terhadap keunikan yang dimiliki franchisor yang kemudian dapat menjadi pesaing franchiso.Adanya franchise asing memasuki pangsa pasar indonesia ,maka secara tidak langsung akan memberikan dampak negatif terhadap perusahaan.


PIHAK YANG TERLIBAT

Dalam system ini, pihak yang terlibat kami golongkan menjadi 3, yaitu :
a.       Input.   Pihak yang terlibat dalam golongan input ini adalah Customer, dalam hal ini customer melakukan pemesanan barang.
b.      Proses.            Pihak yang terlibat :Pelayan menerima pesanan pembelian dan customer kemudian membuatkan detil pembelian dan mengirimkan ke kasir.
a.       Kasir. Kasir menerima detail pembelian dari pelayan, menghitung total pembelian, membuat nota untuk customer dan laporan penjualan untuk bagian keuangan serta bagian pembukuan.
b.      Keuangan menerima laporan penjualan dari kasir yang akan dijadikan input laporan keuangan yang akan diserahkan ke pemilik usaha.
c.       Bagian Pembukuan Bagian pembukuan menerima laporan penjualan dari kasir sebagai input untuk penghitungan ketersediaan barang.
d.      Output. Customer menerima nota pembelian dari kasir sebagai barang bukti pembelian.
e.       Pemilik.Pemilik menerima laporan keuangan dari pihak keuangan sebagai laporan tiap bulannya.

KELEBIHAN SISTEM PENJUALAN YANG DIPAKAI
1.      Lebih cepat dan tidak rumit
2.      Biaya lebih  minimum
3.      Konsumen dapat dengan leluasa mencari barang yang dicari dan tidak harus mengantri  ketika konsumen memilih barang yang diinginkan
4.      Konsumen tidak kesusahan dalam membayar barang belanjaan, karena pelayananya sudah menggunakan sistem computer
5.       Proses penjualan yang cepat sehingga dapat mengidentifikasi secara cepat dan tepat serta melakukan pemesanan kembali (re-order) barang dari supplier dengan cepat dan mampu mengimbangi tingkat permintaan barang oleh konsumen.
6.      Mampu mengetahui barang yang lakunya lambat (slow moving) sehingga mencegah pemesanan barang yang tidak bergerak dan menguntungkan bagi aliran dana (cash flow) perusahaan.
7.      Pergerakan penjualan produk dapat di monitor dari kecepatan perputarannya serta tingkat profitabilitasnya dan memungkinkan untuk produk tersebut mendapat ruang yang bagus untuk di pajang.
8.      Catatan data penjualan secara periodik dapat digunakan untuk memprediksi loncatan penjualan musiman.
9.      Informasi mengenai item produk dapat diketahui di rak bila ada harga promo maupun kenaikan harga
Disamping penjualan dan pencatatan persediaan, Sistem barcode juga banyak bermanfaat di bidang jasa pengiriman barang (shipping)/ penerimaan barang, dan penelusuran pencatatan barang (tracking). Ketika proses pengemasan dan pengepakan produk yang selesai di produksi maka akan di berikan identifikasi berupa nomer identifikasi barang tersebut. Database yang ada dapat di hubungkan (link)dengan nomer identifikasi tadi sehingga memungkinkan untuk mempermudah mendapatkan informasi tentang barang tadi baik meliputi nomer order, isi, jumlah, tujuan pengiriman akhir dll. Informasi data tersebut dapat di padukan dengan sistem komunikasi sehingga pengolahan data secara 1.      elektronik dapat dimanfaatkan oleh riteler / pengecer sebagai informasi untuk pemesanan barang dankedatangan barang yang dipesan. Hasil penelusuran pengiriman barang dapat dikirimkan pada pusat pendistribusian barang sebelum terkirim ke tujuan akhir pengiriman. Ketika pengiriman sampai ke tempat akhir (tujuan) maka kode barcode tadi di scan dan kita dapat mengetahui asal pengirim isi dari kemasan tersebut, dan berapa kita harus membayar untuk biayanya. Alasan utama dari penggunaan sistem barcode adalah mempermudah sistem kerja dan mengurangi biaya karena mampu bekerja lebih efesien. Tingkat ke akurasiannya 1/100,000.
2.      Mesin Kasir (Cash Register).  Dengan banyaknya gerai Alfamart, tentu diperlukan sistem yang terintegrasi antar sate toko dengan toko yang lain untuk mendata transaksi dan membuat laporan yang juga terhubung pada sistem Tekhnik informasi secara keseluruhan.
 Namun SAT memahami bahwa Alfamart merupakan minimarket dengan proses bisnis yang tidak sekompleks supermarket ataupun hipermarket. POS (Point of Sale)umumnya dipakai pada jenis supermarket besar atau department store. toko supermarket kecil seperti Alfamart baru menggunakan jenis cash register Mesin Kasir / Cash register adalah suatu peralatan mekanik maupun elektronik untuk menghitung dan mencatat transaksi penjualan yang biasanya terintegrasi secara model dengan laci (cash drawer)untuk menyimpan sejumlah mata uang. Cash register umumnya juga mengeluarkan hasil cetak (print) dari struk penjualan (receipt)untuk pelanggan. Selain itu, untuk dapat terus memberikan pelayanan yang memuaskan bagi parapelanggannya, Alfamart membentuk komunitas dengan kartu AKU. Dengan kartu AKU, database pelanggan dapat digunakan oleh Alfamart untuk melakukan komunikasi secara langsung dan tidak langsung juga dapat digunakan untuk terus melayani konsumen dengan lebih baik lagi. Lajunya pertumbuhan gerai toko alfamart yang cepat dengan transaksi lebih dari 40 transaksi struk perbulan ,dapat terlaksana karena didukung oleh system teritegrasi pada setiap poin of sales(POS) kasir disemua gerai yang mencakup system penjualan,persediaan,dan penerimaan barang.tehnologi di pos kasir dirancang sudah memenuhi kebutuhan perkembangan dan transaksi di masa depan.Untuk mempercepat pelayanan dan keyamanan belanja dikasir,alfamart menggunakan pemandaian scanner barcode,pembayaran pun kini memberikan kemudahan bagi konsumen dengan menggunakan bca debit,mandiri debit dan berbagai macam bank yang tercantum.Dalam diadakan distribusi barang ,alfamart menerapkan digital packing system dan tail gate system pada pusat distribusinya.kedua system dan tail gate system pada setiap distribusinya . keduan system ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses pengambilan barang dari rakpenyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengirim maupun barang di gerai alfamart.
1.      Persediaan operasi toko adalah salah satu system yang sudah ditetapkan perusahaan agar kegiatan di toko berjalan dengan lancar atau sempurna.adapun pengendalian toko tersebut adalah:
·         pengendalian persediaan
·         pengendalian penjualan
·         pengendalian biaya
·         pengendalian administrasi
·         pendapat lain-lain
·         pengendalian lingkungan


KELEMAHAN SISTEM YANG DIPAKAI
1.      Hubungan antara konsumen dengan karyawan alfamart menjadi kurang dekat.
2.      Kadang kala terjadi pencurian, karena konsumen terlampau leluasa dalam memilih atau memegang barang yang ditawarkan
3.      system bon belanja jarang diberikan karena keterlambatan mesin
4.      Dalam system tidak dijelaskan mengenai jumlah persediaan barang dagang setelah penjualan
5.      Diperlukan sumber daya yang terbiasa menggunakan system yang terkomputerisasi sehingga mempersingkat waktu pelayanan customer.
6.      Perhitungan ketersediaan barang tergantung pada laporan penjualan yang dibuat oleh kasir,semakin lambat kasir memberikan laporannya semakin lambat pula perhitungan ketersediaan barang oleh bagian pembukuan.
7.      Pemilik toko harus menyediakan seorang ahli yang dimaksud dapat memelihara dan menjaga system ini tetap berjalan dengan baik.Diperlukan pemahaman atau penyesuian alur proses pelayanan oleh customer.
8.      Untuk menggunakan system ini, perlu dilakukan penyesuaian system yang baru oleh semua karyawan/pengguna system ini.
9.      Diperlukan seorang ahli untuk mengawasi dan melakukan perawatan system ini, sehingga jika terjadi masalah dalam system ini dapat teratasi.
10.  Blok control: aspek pegamanan system informasi tidak disediakan
Pengamatan fisik menyangkut pengamatan terhadap kebakaran, gempa bumi, contohnya pemadam kebakaran,alarm toko, kamera CCTV, dll
Pengamatan nonfisik menyangkut pengamanan terhadap serangan virus pada software dan server contohnya password pada setiap sistemnya
11.  Tidak dijelaskan secara detail sampai pada laporan ke sales manajer, laporan akuntansi dan pemilik.

         1.      Catatan Bukti transaksi tidak di gambarkan pada flowchart
2.      Barang yang diperjualbelikan monoton
3.      Kedudukan dalam perjanjian
4.      Ketergantungan pada system computer
5.      Tidak adanya pengkroscekan barang yang sudah dibeli lagi  setelah transaksi pembayaran
6.      tidak ada bagian pembungkusan
7.      tidak adanya keterangan yang jelas dari setiap urutan alur










Tidak ada komentar:

Posting Komentar